Kamis, 22 Oktober 2015
Contoh Tugas Lapangan Matakuliah Profesi Pendidikan
JUDUL: MASALAH YANG DIHADAPI SISWA SMAN 4 BANDA ACEH DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN SOLUSINYA
A. IDENTITAS SISWA
Nama : Muhammad Haris Ramadhan
TTL : Banda Aceh, 20 Januari 1997
Alamat : Jl. Tanoh Abee II, No. 64, Lampineung, Banda Aceh
Sekolah : SMAN 4 Banda
Aceh
Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa (konselee), terungkap
permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran Matematika di kelas adalah
sulit menganalisa soal matematika dalam bentuk gambar. Selain itu, siswa juga
kesulitan dalam menganalisa soal cerita.
Berdasarkan permasalahan
di atas, maka yang menjadi masalah yang dihadapi siswa adalah kendala dalam
memahami soal yang diberikan oleh guru. Hal ini bisa disebabkan karena keterbatasan daya nalar siswa dalam mencerna
permasalahan yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau cerita. Selain itu, bisa
juga disebabkan oleh kurang jelasnya bahasa yang digunakan oleh guru khususnya
dalam soal berbentuk cerita.
D. ALTERNATIF
SOLUSI
Alternatif solusi yang ditawarkan adalah sering-sering mengerjakan soal
cerita atau gambar sehingga siswa terbiasa dengan bentuk soal tersebut. Kedua, saya harus memberitahukan kepada guru untuk
menggunakan kata-kata yang lebih mudah dipahami siswa sehingga tidak terkendala
dalam memamahi tujuan soal.
E.
RENCANA
DAN SOLUSI
Rencana yang dilakukan
untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa ini adalah menyarankannya
agar membiasakan diri untuk memahami soal-soal yang berbentuk gambar atau
cerita, dimulai dari soal-soal yang mudah hingga soal-soal dengan tingkat
kesulitan yang tinggi. Jika ia mengalami kesulitan, maka siswa bersangkutan
bisa menemui guru di sekolah atau orang tua ketika sedang belajar di rumah.
Sebagai konselor, saya juga berencana untuk menyampaikan hal ini kepada guru
matematika di sekolahnya agar lebih sering melatih siswa untuk memahami
soal-soal dalam bentuk ini. Di samping itu, saya juga akan menyampaikan bahwa
penggunaan bahasa dalam kalimat soal untuk dipermudah kembali.
Solusi yang dilakukan
agar masalah anak ini terselesaikan adalah menyarankan guru agar intens melatih
siswa untuk memahami soal-soal dalam bentuk cerita atau soal-soal yang
bergambar.
Banda Aceh, 11 Desember 2013
(Muhammad Haris Ramadhan)
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar